uefau17.com

Video Hoaks Terkini, dari Mobil Listrik sampai Soal Timnas Indonesia - Cek Fakta

, Jakarta- Video hoaks yang beredar di media sosial semakin beragam sajiannya, informasi palsu tersebut terkadang sulit dikenali sehingga bisa menjerumuskan pihak yang mempercayainya.

Untuk memudahkan masyarakat mengetahui video hoaks yang sedang beredar, Cek Fakta pun telah mengungkap beragam video yang ternyata hoaks.

Agar tidak menjadi korban video hoaks, simak kumpulannya dalam daftar berikut ini.

Video Ini Mobil Listrik Tesla Meledak di Manhattan

Sebuah video yang diklaim sebuah mobil listrik Tesla meledak di Manhattan, Amerika Serikat beredar di media sosial. Video tersebut disebarkan oleh salah satu akun Facebook pada 19 April 2024.

Dalam video berdurasi 29 detik itu memperlihatkan seorang pengemudi merekam detik-detik ledakan di ruas tol. Sejumlah kendaraan tak berani melintas di jalan tol lantar ledakan yang terus menerus terjadi. Video itu kemudian dikaitkan dengan kabar sebuah mobil Tesla meledak di Manhattan, Amerika Serikat.

"Ledakan mobil listrik Tesla di Manhattan, AS

Mobil listrik dengan baterai litium merupakan ibarat membawa bom, ketika menimbulkan percikan listrik dan panas baterai yang tinggi;

Bahan peledak itu akan menghancurkan apapun dan siapapun

Kita tidak menentang teknologi, tapi teknologi sekarang diarahkan untuk kepentingan pribadi tertentu dan untuk maksud-maksud tertentu yang belum tentu sesuai dengan kebutuhan saat ini dan lebih banyak kerugiannya daripada manfaatnya," tulis salah satu akun Facebook.

Konten yang disebarkan akun Facebook tersebut telah beberapa kali ditonton dan mendapat beragam respons dari warganet.

Benarkah dalam video itu sebuah mobil listrik Tesla meledak di Manhattan? Simak hasil penelusurannya dalam halaman berikut ini.....

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video Wawancara Cristiano Ronaldo Komentar Soal Penampilan Marselino Ferdinan

Beredar di media sosial postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan. Postingan itu beredar sejak akhir pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggahnya di Facebook. Akun itu mempostingnya pada 5 Mei 2024.

Dalam postingannya terdapat rekaman video Ronaldo diwawancara dengan terjemahan sebagai berikut:

"Sehebat apapun anda, anda harus bisa bermain secara tim. Anda tidak bisa hanya ingin mencetak gol sendiri karena jika anda hanya membuang peluang"

Akun itu menambahkan narasi "Cristiano Ronaldo Sebut Marselino Sok pemain bintang dan katakan hal ini"

Lalu benarkah postingan video Cristiano Ronaldo mengomentari gaya bermain pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan? Simak dalam artikel berikut ini...

  

3 dari 3 halaman

Tentang Cek Fakta

Melawan hoaks sama saja melawan pembodohan. Itu yang mendasari kami membuat Kanal Cek Fakta  pada 2018 dan hingga kini aktif memberikan literasi media pada masyarakat luas.

Sejak 2 Juli 2018, Cek Fakta  bergabung dalam International Fact Checking Network (IFCN) dan menjadi partner Facebook. Kami juga bagian dari inisiatif cekfakta.com. Kerja sama dengan pihak manapun, tak akan mempengaruhi independensi kami.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan di email [email protected].

Ingin lebih cepat mendapat jawaban? Hubungi Chatbot WhatsApp Liputan6 Cek Fakta di 0811-9787-670 atau klik tautan berikut ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat