uefau17.com

Jakarta International Marathon 2024 Digelar, Pemda Sediakan 17 Titik Lokasi Kantong Parkir, Cek di Sini - Bisnis

, Jakarta - Race Director BTN JAKIM 2024 Satrio Guardian mengatakan, pihaknya menargetkan peserta mencapai 15.000 pelari baik dalam dan luar negeri untuk ikuti Jakarta International Marathon (JAKIM) 2024.

Selain itu, masyarakat dan peserta juga tidak perlu khawatir dengan ketersediaan transportasi umum dan kantong parkir di sekitar area Sudirman dan Thamrin saat gelaran BTN Jakim 2024 yang diadakan pada Minggu, 23 Juni 2024. 

Panitia juga menyediakan shelter bus untuk mengantar 15.000 peserta JAKIM 2024 ke kawasan Monas yang menjadi titik start ajang Marathon kelas dunia tersebut.

"Perhelatan BTN JAKIM 2024 ini merupakan ajang yang cukup besar skalanya untuk kota Jakarta, dengan peserta ditargetkan mencapai sekitar 15.000 pelari baik dalam maupun luar negeri," ujar Race Director BTN JAKIM 2024 Satrio Guardian dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (18/6/2024).

Peserta akan berkompetisi dalam tiga kategori lomba, yakni marathon (42,195K), half marathon (21,0975K), dan 10K. Para peserta akan memperebutkan hadiah sebesar Rp3 miliar termasuk sebuah rumah untuk peserta yang berhasil memecahkan rekor marathon, khusus bagi Warga Negara Indonesia (WNI). 

Satrio menuturkan, ajang Jakarta International Marathon ini akan menawarkan pengalaman lari yang menantang sekaligus memukau dengan rute yang melintasi pemandangan indah khas kota metropolitan Jakarta.

"Dengan garis finish yang berada di dalam Stadion Utama GBK, diyakini hal ini akan menjadi pengalaman baru yang menarik bagi peserta," ujar Satrio.

Diselenggarakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-497 Jakarta, BTN JAKIM 2024 akan dipusatkan di sekitar area silang Barat Laut Monas dan finish di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Pemerintah Provinsi Jakarta akan menutup 36 ruas jalan selama perhelatan berlangsung.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

16 Rute Alternatif

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menuturkan, selain 16 rute alternatif untuk area Sudirman hingga Thamrin, Pemprov Jakarta tetap menjamin transportasi umum yakni TransJakarta, MRT, LRT, dan KRL tetap beroperasi saat acara berlangsung.

Bahkan, jam operasional transportasi umum tersebut juga ditambahkan untuk memfasilitasi peserta dan pengunjung acara maraton.

Namun, untuk penumpang TransJakarta, perlu diketahui sebanyak 58 rutenya akan disesuaikan karena bersinggungan dengan rute JAKIM 2024. Di antara rute yang tentunya terdampak contohnya 4C (Pemuda-Bundaran Senayan), BW2 (Monas Explorer), 6V (Ragunan-GBK), 1F (St. Palmerah-Bundaran Senayan), dan 3F (Kalideres-GBK). 

Untuk mempermudah para peserta mengakses lokasi start di Monas Silang Barat Laut, Dinas Perhubungan Jakarta telah menyiapkan 17 titik lokasi parkir yang ditempatkan di sekitar Monas dan GBK. 

Berikut adalah 12 kantong parkir di sekitar Monas:

1. Area parkir kantor Indosat

2. Kemenparekraf

3. RRI

4. Walikota Jakarta Pusat

5. Kopi Nako

6. Aroem

7. Bank BTN

8. Jalan Juanda Sisi Utara

9. Jalan Agus Salim (Sabang) 

10. Stasiun Gambir

11. Masjid Istiqlal

12. Dinas Teknis Abdul Muis

 

 

3 dari 3 halaman

Kantong Parkir

Sedangkan lima kantong parkir di sekitar GBK yakni:

1. Area Parkir Timur Senayan

2. Parkir Tenggara

3. Stadion Aquatic

4. Lapangan ABC

5. Masjid Al-Bina

Bagi para peserta dan masyarakat juga disediakan shutle bus dengan route Monas titik pemberhentian yakni:

a. St. MRT Bundaran HI

b. Indosat 

c. Seberang Monas, Silang Barat Laut 

d. Seberang Kopi Nako 

e. Dinas Teknis Abdul Muis

Sedangkan shutle bus dengan route GBK titik pemberhentian yakni:

a. Plaza Barat GBK 

b. Pintu Masuk Masjid Al-bina 

c. Halte Parkir Selatan GBK (Drop Off Menuju St. Istora Mandiri) 

d. Halte Parkir Akuatik GBK 

e. Halte Parkir Lapangan ABC 

f. Halte Parkir Timur Selatan

 

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat