uefau17.com

Ketahui 3 Arti Status di Dashboard Akun Kartu Prakerja 2021 Saat Gabung Gelombang Dibuka - Bisnis

, Jakarta Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 20 sudah ditutup pada 12 September 2021. Untuk mengecek status kepersertaan, pendaftar bisa memantau akun dashboard kartu prakerja 2021 masing-masing.

Salah satu cara untuk daftar Kartu Prakerja 2021 ketika sudah memiliki akun adalah dengan mengeklik “Gabung” pada akun dashboard.

Selanjutnya, informasi mengenai status akan berubah ketika pendaftar sudah tergabung dalam gelombang.

Dikutip dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Senin (13/09/2021), kini ada tiga status baru saat user telah tegabung dalam gelombang.

“Sobat Prakerja, sekarang ada 3 status baru di Kartu Prakerja dalam memberikan informasi kepada user yang telah tergabung dalam gelombang,” begitu penjelasan dari akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

Ketiga status baru tersebut adalah Menunggu Gelombang Ditutup, Sedang Diproses, dan Dalam Proses Seleksi.

Ketika muncul status “Menunggu Gelombang Ditutup”, artinya user telah tergabung, tetapi gelombang belum ditutup.

Kemudian ketika gelombang Kartu Prakerja sudah ditutup, status akan berganti menjadi “Sedang Diproses”. Selain itu, status ini pun menjadi pertanda bahwa user sedang menunggu waktu seleksi.

Status baru ketiga adalah “Dalam Proses Seleksi”. Inilah waktunya Manajemen Pelaksana menyeleksi para pendaftar Prakerja.

Pendaftar diharapkan mengecek status tersebut secara berkala. Adapun untuk mengecek statusnya, bisa mengunjungi laman prakerja.go.id.

Selain itu, untuk mengetahui informasi terbaru soal Kartu Prakerja, bisa pula mengeceknya di akun Instagram resmi @prakerja.go.id.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cek Kelulusan Kepesertaan Kartu Prakerja

 

Mengutip laman resmi Kartu Prakerja, Minggu (12/9/2021), ada 2 cara untuk mengecek kelolosan. Keduanya yakni melalui dashboard Kartu Prakerja di akun peserta dan melalui pesan singkat (SMS) yang dikirim ke telepon seluler.

Buat yang ingin tahu begini tahapan cara memeriksa status kelulusan kepesertaan di Kartu Prakerja.

1. Dashboard Prakerja

Cek dengan masuk ke dashboard di laman prakerja.go.di, dengan login terlebih dulu menggunakan akun masing-masing.

Apabila tercantum keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, ini berarti proses seleksi sedang berjalan.

Bila dinyatakan lolos, nomor Kartu Prakerja akan tertera dan muncul status saldo pada dashboard akun.

Sedangkan jika tidak lolos, akan mendapatkan notifikasi pada dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”.

Bila dinyatakan lolos, peserta akan mendapatkan nomor Kartu Prakerja. Untuk dapat melihat nomor Kartu Prakerja, peserta diminta menonton 3 video yang telah disediakan.

Video tersebut berisi informasi dasar mengenai Kartu Prakerja, mulai dari mengenali tantangan di dunia kerja sampai penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

Peserta dilarang untuk menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Proses tersebut harus dilewati agar peserta bisa mendapatkan nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan.

"Kamu juga tidak dapat menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Apabila kamu mengalami kendala saat menonton video, kamu dapat menghubungi kami di Formulir Pengaduan," tulis laman Prakerja.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

2. SMS atau Pesan Singkat

Kelolosan kepesertaan Kartu Prakerja juga akan diumumkan melalui pesan singkat (SMS). Manajemen akan mengirimkan notifikasi melalui SMS kepada peserta yang lolos.

Nomor ponsel yang akan mendapatkan notifikasi adalah yang didaftarkan pada akun peserta. Untuk itu pastikan nomor yang dimasukkan ketika mendaftar telah benar dan masih aktif.

SMS ini akan diterima pada tanggal kelolosan saat sudah resmi diumumkan. Jika pendaftar mendapatkan pemberitahuan lolos, maka dapat mengikuti langkah selanjutnya sesuai petunjuk yang ada.

Namun jika tidak lolos, jangan berkecil hati. Kamu bisa mengikuti pendaftaran gelombang selanjutnya.

"Kamu tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang. Jangan berkecil hati, kamu masih bisa memilih Gelombang berikutnya," tulis Prakerja.

 

 

 

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat